Taj Mahal bangunan megah nan indah yang terletak di Agra, India. Saat itu berdiri kerajaan Moghul yang perkasa, di singgasananya bertakhta Shah Jahan sebagai maharaja penguasa India (1627-1658). Ia begitu berduka ketika istri yang dikasihinya, Mumtaz Mahal menutup mata untuk selamanya.

      Shah Jahan mengenangnya dengan membangun Taj Mahal di tahun 1631. Taj Mahal berarti mahkota atau permata kerajaan. Komplek Taj Mahal terbuat dari pualam putih, terdiri dari gerbang, taman, masjid, bangunan utama dan makam.

      Pembangunan Taj Mahal sejak tahun 1631 hingga 1648 melibatkan 20.000 pekerja, para arsitek, seniman kaligrafi, pematung, hingga ahli mozaik. Mereka didatangkan dari Persia, Suriah, dan Eropa. Bahkan, armada 1.000 ekor gajah untuk membawa batuan berharga dari berbagai pelosok negara. Bangunan utama Taj Mahal terbuat dari batu pualam putih dari Makrana, dan batu pasir merah dari Punjab digunakan untuk menara utamanya. Untuk menghiasnya, Taj Mahal menggunakan batu giok dan kristal dari China, batuan Turqoise dari Tibet, Lapis Lazuli dari Afghanistan, Safir dari Sri Lanka, batuan Cornelian dari Arab, dan intan dari Panna. Tiap bagian kecil bangunannya bahkan bertahtakan 28 jenis batuan berharga yang sangat langka, ckckck. Setiap waktu dinding-dinding pualamnya memantulkan cahaya warna-warni yang berbeda. Kubah-kubahnya sendiri tampak bagai kilauan mutiara raksasa dibawah cahaya rembulan. Benar-benar kenangan cinta terindah di dunia.

      Shah Jahan mulai jatuh hati pada Mumtaz Mahal saat pertama kali ia melihatnya di halaman istananya. Setelah Shah Jahan menikahi gadis itu, ia diberi gelar Mumtaz Mahal yang berarti "pilihan utama istana, nama asli dari mumtaz mahal sendiri adalah Arjumand Banu Begum. Mereka berdua tak terpisahkan, Mumtaz Mahal selalu mendampingi Shah Jahan kemanapun ia pergi. Suatu saat Shah Jahan menumpas pemberontakan di Burhanpur. Meskipun tengah mengandung Mumtaz Mahal tetap mendampinginya. Pertempuran dimenangkan Shah Jahan, namun Mumtaz Mahal wafat ketika ia melahirkan putra terakhir mereka Gauhara Begum.
      Shah Jahan menghabiskan hari-hari tuanya terkurung di puncak menara benteng Agra. Ia berharap saat ia mati nanti bisa dimakamkan disisi lain sungai Yamuna, di dalam bangunan pualam hitam seindah tempat peristirahatan Mumtaz. Sebuah Taj Mahal Hitam. Tetapi rencana ini tidak dapat terlaksana, Shah Jahan sudah dipaksa turun takhta oleh anaknya sendiri. Akhirnya saat ia wafat, ia disemayamkan di sisi Mumtaz Mahal. Segala sesuatu di Taj Mahal diatur sedemikian rupa sehingga begitu simetris. Tetapi, secara tidak langsung makam Shah Jahan merusak kesimetrisan tata letak Taj Mahal yang sempurna.
      Keindahan dan kemegahan Taj Mahal memang tak terbantahkan. Namun sam seperti peninggalan dunia lainnya, tangan-tangan jahat dan perkembangan zaman merusaknya. Gerbang perak raksasa menuju makam, lapisan mutiara, penghias makam, serta perangkat berlapis emas, lenyap selama dua ratus tahun terakhir. Perkembangan kota Agra menjadi kota industri juga semakin memperburuk keadaan Taj Mahal, asap pabrik membuat warna cemerlang Taj Mahal menjadi kekuning-kuningan. Pada akhir abad ke-19 saat kependudukan Inggris, taman tradisional Taj Mahal juga diganti dengan taman bergaya Inggris. Pernah juga ada suatu band yang mengadakan konser musik di Taj Mahal sehingga merusak beberapa bagian Taj Mahal.
      Pada 7 Juli, 2007. Taj Mahal terpilih menjadi The New7Wonders, melalui voting di internet dengan 100 juta suara. Taj mahal sudah dikunjungi kurang lebih 2 - 4 juta turis domestik dan mancanegara.

      Tak disangka ya, Taj Mahal seindah dan semegah itu, serta kisah kenangan cinta Shah Jahan. Ada yang mau melihat secara langsung keindahan Taj Mahal? nah caranya.
      Sebaiknya kita memilih pesawat yang menuju ke Indira Gandhi International Airport, Delhi, bandara yang terdekat dengan Agra. Setelah itu kita bisa naik kereta api, perjalanannya antara 2-5 jam, tergantung keretanya, kita turun di stasiun Agra Cantt. Dari stasiun kita bisa menuju Taj Mahal dengan menggunakan bis listrik atau bajaj, karena mobil tidak diperbolehkan. Taj Mahal tutup setiap hari Jumat, buka dari jam 06.00 - 19.30. Harga tiket masuknya Rs 250  + pajak Rs 500 = Rs 750 atau sekitar 138 ribu rupiah (mahal juga ya). Sebaiknya kunjungi Taj Mahal antara dua waktu ini Pagi-pagi jam 6.30 atau sore 17.00 pemandangannya karena kita bisa melihat perubahan cahaya matahari diatas bangunan dengan pualam putih tersebut. Hati-hati kalo sabtu-minggu mendingan lewat gerbang timur atau selatan aja(lebih jauh sih) tapi kalo lewat gerbang barat bisa ngantri sam 1 jam-an gitu. Didalam kita cuma boleh bawa kamera, kalo mau ngambil foto sebaiknya pake SLR, soalnya kan Taj Mahal warnanya putih banget ntar bisa-bisa hasil fotonya underexporsure, terus set overexporsure 1 atau 2. Hape boleh dibawa asal di nonaktifkan, iPod atau MP3 player lainnya dilarang. Bawa senter soalnya didalem Taj Mahal gelap banget meskipun siang, bawa obat anti nyamuk juga.


cukup sekian aja, semoga informasi ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya :)

Leave a Reply

Awesome Orange Sharp Pointer